Menuju Era Digital Masyarakat Desa

Jatibarang-Brebes. Perkembangan teknologi digital saat ini semakin pesat, terutama dibidang jual beli baik barang maupun jasa. Akan tetapi, tidak sedikit masyarakat di desa-desa yang masih bingung bagaimana cara memanfaatkan teknologi digital dibidang marketing ini. Mereka bingung bagaimana harus memulai, apa yang harus dijual, bagaimana cara menjual, bagaimana cara menarik perhatian pembeli dengan barang yang dijual.

Ajib Susanto, M.Kom sedang menerangkan mengenai DIgital Marketing

Selasa (9/10) tim PKKP Kecamatan Jatibarang mengadakan Pelatihan Kewirausahaan Pemuda tahap kedua dengan tema “Digital Marketing” yang bertempat di aula balai desa Kemiriamba Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Pelatihan ini dihadiri oleh peserta dari berbagai desa di Kabupaten Brebes. Meskipun jarak tempat pelatihan dengan rumah para peserta cukup jauh, namun tidak menyurutkan niat mereka untuk memperoleh ilmu mengenai digital marketing.

5 Narasumber yang dihadirkan juga dari berbagai macam latar belakang dan sudah ahli di bidangnya. Salah satunya yaitu Ajib Susanto, M.Kom yang merupakan tim IT Disporapar Jateng dan Polda Jateng, beliau juga merupakan dosen Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Beliau dalam pelatihan ini menyampaikan mengenai pemanfaatan marketplace di media sosial facebook serta menjelaskan berbagai macam platform lainnya yang dapat dijadikan sebagai tempat menjual barang dan jasa.

Penyerahan hadiah oleh Dwi Prabowo (kanan) kepada peserta (kiri) dalam sesi tanya jawab kuis.

Selain itu, teori pengemasan juga dijelaskan oleh Dwi Prabowo, beliau merupakan dosen DKV dari Universitas Dian Nuswantoro. Ia menerangkan bahwa kemasan produk yang memiliki nilai estetika dapat menarik perhatian orang untuk membeli. Kemasan produk yang menarik juga dapat meningkatkan nilai jual produk, dibandingkan dengan produk yang hanya memiliki kemasan polos dan seadanya.

Foto bersama panitia, narasumber, dan peserta pelatihan.

Dengan pelatihan yang diadakan oleh tim PKKP Kecamatan Jatibarang ini, diharapkan pemuda-pemudi Brebes dapat memanfaatkan dunia digital dengan baik, terutama untuk memasarkan produk-produk hasil usahanya.

Satu respons untuk “Menuju Era Digital Masyarakat Desa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s